WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan dan telepon yang digunakan oleh ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Ketika ada penggunanya yang tidak lagi ingin berkomunikasi dengan orang tertentu, platform ini menyuguhkan opsi block atau blokir.

Dengan memblokir kontak tersebut, detikers tidak akan dapat lagi menelepon atau mengirim pesan kepada orang itu. Begitu pun sebaliknya, orang tersebut tidak bisa juga menghubungimu lewat telepon maupun chat di WhatsApp (WA).

Namun, bagaimana kalau detikers yang diblokir oleh orang lain? Meski tidak ada cara pasti untuk tahu apakah kamu diblokir di WhatsApp, tapi ada sejumlah indikator yang bisa diperiksa.

Jika petunjuk-petunjuk ini benar terlihat setelah melakukan pengecekan, ada kemungkinan kamu diblokir oleh orang tersebut. Lantas, bagaimana cara memeriksa nomor WhatsApp yang diblokir orang?

Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Diblokir Orang Lain

Berikut indikator yang dapat dicek untuk tahu nomor WA kamu diblokir orang:

1. Tidak Terlihat Status ‘Online’ atau ‘Last Seen’

Biasanya pengguna dapat melihat apakah seseorang membuka WhatsApp dan terhubung ke internet dari status online yang muncul di jendela pesan obrolan. Kalau pengguna tidak lagi membuka aplikasi tersebut maka akan muncul last seen atau waktu terakhir orang itu melihat WA.

Namun, status online dan tulisan last seen bisa tidak terlihat kalau nomor WhatsApp kamu diblokir pengguna itu. Tapi, ada kemungkinan lain yang membuat detikers tidak dapat melihat keduanya, seperti ketika pengguna sengaja mengatur setting privacy di WA agar tidak menampilkan informasi tersebut.

2. Tidak Ada Foto Profil yang Muncul

Jika seseorang memblokir nomormu di WA, detikers tidak akan bisa melihat foto profilnya.

Tapi lagi-lagi, pengguna dapat mengatur siapa saja kontak yang bisa melihat foto profilnya di pengaturan WhatsApp.

3. Hanya Muncul Tanda Centang Satu

Pesan yang diterima dan masuk ke nomor pengguna lain akan ditandai dengan simbol centang dua. Kalau tanda centang satu yang muncul berarti pesan itu hanya terkirim tapi tidak sampai.

Nah, jika pesan yang detikers kirim hanya menampilkan tanda centang satu selama beberapa waktu, ada kemungkinan nomor WhatsApp kamu diblokir.

4. Tidak Dapat Ditelepon

Detikers tidak bisa menelepon seseorang yang memblokir kontakmu. Ketika berkali-kali melakukan panggilan dalam beberapa waktu yang muncul hanya keterangan ‘memanggil/calling’ dan bukan ‘ringing/berdering’, maka mungkin kamu diblokir.

Namun, saat pengguna WhatsApp tidak terhubung ke internet, keterangan ‘memanggil/calling’ juga bisa terlihat.

5. Tidak Bisa Menambahkan Kontak ke Grup

Kamu bisa juga mengecek apakah nomor WA diblokir orang lain atau tidak dengan coba memasukkan kontaknya ke dalam grup. Jika detikers menerima informasi bahwa tidak diizinkan untuk menambahkan kontak tersebut ke grup WhatsApp, maka itu bisa jadi kamu telah diblokir olehnya.

Itu dia sederet cara mengetahui nomor WhatsApp kamu diblokir atau tidak oleh orang lain. Walau begitu, sejumlah indikator di atas tidak sepenuhnya menandakan seseorang memblokirmu, ya. Lantaran bisa jadi ada kemungkinan lain.

Melalui laman resminya, WhatsApp mengungkapkan kalau mereka sengaja membuat informasi terkait pemblokiran ini menjadi ambigu untuk melindungi privasi penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *